Apa itu pengisi daya GaN dan apakah Anda benar-benar membutuhkannya?

Smartphone Galaxy iPhone dan Pixel dengan pilihan pengisi daya

Robert Triggs / Otoritas Android

Paling smartphone andalan hari ini tidak termasuk adaptor pengisi daya di dalam kotak. Anda diharapkan menggunakan pengisi daya lama atau membeli yang baru secara terpisah. Jika Anda baru-baru ini berada di pasar untuk pengisi daya, Anda pasti pernah mendengar pengisi daya GaN disebut-sebut sebagai inovasi terbaru terbaik di bidangnya. Tapi apa itu pengisi daya GaN, dan apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Kami menjawab semua pertanyaan Anda tentang pengisi daya GaN di artikel ini.

JAWABAN CEPAT

Pengisi daya GaN adalah pengisi daya yang menggunakan Gallium Nitride sebagai semikonduktor untuk komponennya, bukan silikon. Pengisi daya GaN lebih serbaguna, ringkas, dan lebih efisien. Jika Anda berada di pasar untuk pengisi daya baru, maka Anda harus mempertimbangkan pengisi daya GaN.


LANJUT KE BAGIAN UTAMA

Apa itu pengisi daya GaN?

Pengisi Daya Dinding Spigen PowerArc 20W ArcStation Pro

Robert Triggs / Otoritas Android

Pengisi daya GaN adalah pengisi daya yang digunakan Gallium Nitrida sebagai semikonduktor untuk komponen elektronik mereka daripada silikon yang lebih konvensional digunakan. Jadi dioda, transistor, dan amplifier yang sebelumnya terbuat dari silikon sekarang dibuat dari Gallium Nitride, memberi nama pengisi daya GaN.

GaN menawarkan efisiensi termal dan daya yang lebih baik daripada silikon. Ini memiliki batas suhu yang lebih tinggi dan mobilitas elektron yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan silikon. GaN juga memiliki celah pita yang hampir tiga kali lipat dari silikon, yang pada dasarnya memungkinkannya menghantarkan elektron pada tegangan yang lebih tinggi.

Hasilnya, GaN benar-benar bersinar dalam situasi di mana ada kebutuhan untuk memindahkan banyak daya dengan cepat, seperti pengisi daya cepat untuk ponsel dan laptop Anda. Karena keunggulan ini, pengisi daya GaN memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada pengisi daya berbasis silikon tradisional yang telah Anda gunakan selama ini.

Pengisi daya GaN juga memungkinkan lebih banyak daya untuk dipindahkan ke perangkat Anda, dan memungkinkan Anda memindahkan semua daya ini ke banyak perangkat secara bersamaan. Ini memungkinkan pengisi daya multi-perangkat yang lebih serbaguna yang dapat mengisi daya beberapa ponsel dan laptop dengan cepat secara bersamaan. Kami melihat Pengisi daya GaN naik hingga 200W dan pengisian cepat sebanyak enam perangkat secara bersamaan, sesuatu yang tidak pernah terdengar dengan pengisi daya silikon.

Pengisi Daya Desktop USB C UGREEN 200W

Pengisi daya GaN vs pengisi daya Silikon: Bagaimana perbandingannya?

Pengisi daya GaN memiliki banyak keunggulan dibandingkan pengisi daya silikon, sementara kelemahan utamanya terbatas pada biaya tinggi untuk saat ini. Akhirnya, karena unit ekonomi untuk produksi mengejar ketinggalan, pengisi daya GaN akan menjadi lebih murah daripada pengisi daya silikon.

Pengisi daya silikon Pengisi daya GaN

Celah pita bahan dasar di mana tidak ada elektron yang bisa eksis
[Should be closer to 4eV]

Pengisi daya silikon

Silikon: 1,14eV

Pengisi daya GaN

Gallium Nitrida: 3.4eV

Ukuran

Pengisi daya silikon

Charger berukuran besar

Pengisi daya GaN

Pengisi daya berukuran lebih kecil dengan desain ringkas

Efisiensi

Pengisi daya silikon

Tidak terlalu hemat daya dan panas

Pengisi daya GaN

Tenaga besar dan efisiensi panas

Pengisian multi-perangkat

Pengisi daya silikon

Pengisi daya biasanya mengisi daya satu atau dua perangkat secara bersamaan

Pengisi daya GaN

Pengisi daya dapat mengisi daya di mana saja antara 1 hingga 7 perangkat

Harga

Pengisi daya silikon

Harga rendah karena sudah mapan teknologi

Pengisi daya GaN

Harga tinggi saat ini karena merupakan teknologi baru. Harga harus turun karena adopsi meningkat selama bertahun-tahun.

Seiring waktu, semua pengisi daya terbaik di pasar akan beralih ke teknologi GaN, karena ada banyak manfaat dan tidak ada kerugian nyata dalam melakukannya.

Haruskah Anda mendapatkan pengisi daya GaN?

Pengisi daya Samsung Galaxy S23 Ultra terbaik

Robert Triggs / Otoritas Android

Jika Anda memiliki pengisi daya silikon fungsional, maka Anda tidak perlu keluar dan berbelanja secara royal pada pengisi daya GaN hanya karena ini adalah teknologi baru. Pengisi daya GaN sangat bagus, tetapi jika tujuan akhir Anda untuk mengisi daya perangkat dipenuhi oleh pengisi daya yang berfungsi saat ini, Anda tidak perlu melakukan pembelian baru. Selanjutnya, jika biaya menjadi perhatian, maka Anda dapat tetap menggunakan pengisi daya silikon konvensional hingga harga turun lebih jauh.

Namun, jika Anda mencari pengisi daya baru, kami sangat menyarankan agar pengisi daya baru Anda menjadi pengisi daya GaN. Ini akan lebih kecil, serbaguna, lebih hemat daya, dan dengan mudah membenarkan harganya yang relatif lebih tinggi dibandingkan pengisi daya silikon. Kami memiliki beberapa rekomendasi untuk pengisi daya GaN terbaik sesuai kebutuhan dan budget anda.

Untuk mengisi daya perangkat tunggal, pengisi daya GaN akan lebih kecil, lebih mudah dibawa, lebih hemat daya, dan lebih dingin. Desainnya yang ringkas membuatnya pas di sebagian besar tas dan dompet (dan bahkan saku!). Jika Anda ingin meninggalkan pengisi daya di dinding, maka desain yang lebih kecil berarti stopkontak yang berdekatan juga tidak akan terhalang.

Pengisi Daya Anker 711 (Nano II 30W)Pengisi Daya Anker 711 (Nano II 30W)

Pengisi Daya Anker 711 (Nano II 30W)

Kecil dan portabel • Cukup terjangkau • Pengisian daya 30W

Pengisi daya USB Type-C kecil yang kuat untuk daya saat bepergian

Anker 71 Charger Nano II 30W adalah bata pengisi daya USB Tipe-C port tunggal. Ukurannya yang ringkas membuatnya ideal untuk dibawa-bawa.

Jika Anda perlu mengisi daya beberapa perangkat, pengisi daya GaN memungkinkan Anda mengisi daya semuanya secara bersamaan dengan kecepatan tinggi. Jadi Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memeluk dinding dan lebih banyak waktu untuk menggunakan ponsel dan laptop Anda. Anda juga tidak perlu membawa banyak batu bata untuk tujuan yang sama, karena hanya satu batu bata dengan beberapa kabel akan membantu Anda dengan baik untuk pengisian cepat secara bersamaan dari satu colokan.

Apa perbedaan antara pengisi daya GaN dan pengisi daya PD?

Mode Belkin 30W GaN Charger didukung

Robert Triggs / Otoritas Android

GaN dan PD merujuk pada dua topik yang berpotongan dan tidak dapat dibandingkan secara langsung, karena pengisi daya GaN juga bisa Pengisi daya PD USB.

GaN mengacu pada Gallium Nitride sebagai bahan yang digunakan untuk komponen elektronik, sedangkan PD mengacu pada Power Delivery, yang merupakan spesifikasi teknologi yang menentukan pengisian daya pada watt yang lebih tinggi. Jadi pengisi daya GaN dapat (dan seringkali) juga merupakan pengisi daya PD yang kompatibel dengan perangkat yang sesuai dengan spesifikasi Pengiriman Daya USB.

Namun, perhatikan bahwa tidak semua pengisi daya GaN sesuai dengan USB PD, dan tidak semua pengisi daya USB PD menggunakan bahan GaN.


FAQ

Pengisi daya GaN mahal karena digunakan dalam pengisi daya untuk pertama kalinya. Perusahaan harus merancang, membuat prototipe, dan menguji GaN sebagai bahan pengisi daya mereka, yang menyebabkan biaya tinggi di tahun-tahun awal. Seiring waktu, karena ekonomi unit produksi meningkat, pengisi daya GaN akan menjadi lebih murah daripada pengisi daya silikon.

Pengisi daya GaN jelas lebih baik daripada pengisi daya silikon.

JANGAN LEWATKAN!
Dapatkan Penawaran Eksklusif 🤑

Berlangganan Tutor Tekno update terbaru, penawaran rahasia dan promosi.

Invalid email address

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buletin dua kali seminggu yang menampilkan berita peralatan, panduan cara kerja, dan rekomendasi tentang laptop, headphone, gadget rumah tangga, dan lainnya.
Dengan mendaftar, Anda menyetujui Perjanjian Pengguna kami (termasuk pengabaian gugatan kelompok dan ketentuan arbitrase), Kebijakan Privasi & Pernyataan Cookie kami, dan untuk menerima email terkait pemasaran dan akun dari TeknoTutor. Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.