Cara Mendapatkan Background Bokeh Jepang yang Viral

Fotografi telah menjadi salah satu jenis seni yang paling populer dan mudah diakses di era digital yang terus berkembang. Teknik “Bokeh Jepang” adalah istilah yang mengacu pada efek latar belakang yang lembut dan samar dalam foto, yang menciptakan ilusi kedalaman dan fokus pada objek utama. Teknik ini adalah salah satu tren fotografi saat ini yang sedang populer. Gaya ini telah mendapatkan banyak perhatian karena kemampuannya untuk menambah sentuhan artistik pada foto-foto sehari-hari. Artikel ini akan membahas tren Bokeh Jepang yang sedang viral serta cara mendapatkankannya.

Apa Definisi Bokeh Jepang?

Bokeh Jepang adalah teknik fotografi yang memanfaatkan efek bokeh atau latar belakang kabur dengan gaya khas Jepang. Latar belakang diolah menjadi lembut dan samar-samar, menciptakan kontras yang menarik dengan objek utama yang tajam dan jelas. Dengan menggabungkan elemen tradisional Jepang dengan gaya kontemporer, gaya ini menghasilkan foto-foto yang penuh dengan keindahan dan unik.

Cara Menciptakan Bokeh Jepang

  1. Peralatan yang diperlukan: Untuk menghasilkan efek bokeh Jepang yang kuat, Anda akan membutuhkan kamera yang dapat mengatur bukaan (aperture) secara manual. Lensa dengan aperture besar seperti f/1.8 atau f/2.8 akan sangat membantu. Jika Anda tidak memiliki kamera DSLR, Anda juga dapat menggunakan kamera ponsel dengan mode “Potret” atau “Bokeh”.
  2. Pilih Objek Utama: Pilih objek yang akan menjadi fokus foto Anda. Objek ini harus menarik perhatian dan memiliki unsur estetika yang kuat.
  3. Atur Bukaan: Untuk menghasilkan efek bokeh, bukaan (aperture) lensa sangat penting. Dengan angka f-stop yang lebih besar, seperti f/1.8, aperture yang lebih lebar dan efek bokeh yang dihasilkan lebih besar. Untuk mendapatkan hasil bokeh yang kuat, pastikan untuk memilih bukaan yang rendah.
  4. Pilih Latar Belakang yang Sesuai: Pilih latar belakang yang menggabungkan elemen estetika Jepang, seperti bunga sakura, taman tradisional, atau struktur arsitektur klasik. Efek bokeh akan ditingkatkan dengan latar belakang dengan cahaya yang tersebar.
  5. Posisikan Objek dengan Bijak: Tempatkan objek utama di depan latar belakang yang diinginkan, dan pastikan objek berada di jarak yang cukup jauh dari latar belakang untuk membuat efek bokeh.
  6. Fokus pada Objek Utama: Pastikan Anda memiliki objek utama Anda di tempat yang tepat. Dalam fotografi bokeh, sangat penting untuk membedakan objek utama yang tajam dari latar belakang yang kabur.
  7. Ambil Foto dengan Penuh Kreativitas: Untuk mendapatkan hasil yang paling menarik, ambil foto dengan berbagai sudut dan komposisi. Untuk melihat hasil yang berbeda, cobalah berbagai posisi dan jarak kamera.
  8. Mengakses Bokeh Jepang di Media Sosial: Bokeh Jepang telah menarik banyak fotografer dan penggemar fotografi di seluruh dunia. Anda dapat menemukan foto-foto menakjubkan ini di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Pinterest, dan 500px dengan mencari hashtag seperti #BokehJepang atau #JapaneseBokeh.

Mengakses Bokeh Jepang di Media Sosial

Banyak fotografer dan penggemar fotografi di seluruh dunia telah menyukainya. Di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Pinterest, dan 500px, Anda dapat menemukan foto-foto Bokeh Jepang yang luar biasa. Cari hashtag seperti #BokehJepang atau #JapaneseBokeh untuk menemukan ribuan foto inspiratif yang diunggah oleh fotografer dari berbagai belahan dunia.

Menggunakan Aplikasi Edit Foto

Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi edit foto untuk membuat efek bokeh Jepang pada foto Anda. Beberapa aplikasi edit foto populer seperti Adobe Photoshop, Lightroom, Snapseed, dan VSCO memiliki alat untuk mengatur kedalaman lapangan dan membuat efek bokeh yang menarik.

Kesimpulan

Tren Bokeh Jepang adalah bukti nyata dari kemajuan fotografi yang terus-menerus yang menggabungkan elemen kontemporer dengan elemen tradisional. Dengan bantuan teknik ini, para fotografer dapat menghasilkan foto-foto yang memukau yang memiliki estetika yang berbeda. Anda dapat mencoba membuat efek Bokeh Jepang Anda sendiri dan mengambil foto-foto yang indah dengan mengikuti panduan di atas. Untuk menciptakan gaya fotografi unik Anda, gunakan aplikasi edit foto dan temukan inspirasi dari platform media sosial.

JANGAN LEWATKAN!
Dapatkan Penawaran Eksklusif 🤑

Berlangganan Tutor Tekno update terbaru, penawaran rahasia dan promosi.

Invalid email address

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *