Generator gambar AI mana yang harus Anda gunakan?

gambar saham pertengahan perjalanan

Calvin Wankhede / Otoritas Android

Kami telah menyaksikan ledakan tiba-tiba AI generatif alat selama beberapa bulan terakhir. Dan tidak ada yang lebih benar daripada di arena penghasil gambar. Antara gratis dan berbayar, sumber terbuka dan berpemilik, ada banyak pilihan di luar sana untuk dipilih. Tetapi jika Anda memperhatikan diskusi seputar gambar yang dihasilkan AI, Anda pasti pernah mendengar tentang persaingan di antara keduanya Pertengahan perjalanan vs Difusi Stabil.

Sedangkan keduanya Generator gambar AI melakukan pekerjaan yang sangat baik, mereka berbeda dalam hal fitur penyesuaian, gaya seni, kemudahan penggunaan, harga, dan banyak lagi. Jadi dalam artikel ini, mari kita lihat apa yang membedakan keduanya dan mana yang harus Anda gunakan.

JAWABAN CEPAT

Jika Anda sedang terburu-buru, inilah ringkasan singkat tentang perbedaan Midjourney vs Stable Diffusion:

  • Midjourney menggunakan model pembelajaran mesin berpemilik, sedangkan Stable Diffusion memiliki kode sumber yang tersedia secara gratis.
    Anda dapat mengunduh dan menjalankan Difusi Stabil di komputer Anda sendiri, asalkan memenuhi persyaratan. Midjourney hanya bisa digunakan dengan koneksi internet.
  • Satu-satunya cara untuk mengakses Midjourney adalah melalui aplikasi obrolan Discord. Di sisi lain, Anda dapat menggunakan Difusi Stabil melalui berbagai aplikasi online dan offline.
  • Biaya Midjourney minimal $10 per bulan untuk pembuatan gambar terbatas. Anda dapat menjalankan Difusi Stabil pada perangkat keras Anda sendiri secara gratis atau membayar biaya nominal untuk layanan online.
  • Anda dapat menggunakan Difusi Stabil untuk mengisi atau memodifikasi hanya bagian tertentu dari suatu gambar. Midjourney tidak mendukung inpainting atau outpainting.
  • Difusi Stabil mendukung ribuan model khusus yang dapat diunduh, sementara Anda hanya memiliki sedikit pilihan dengan Midjourney.
  • Midjourney mungkin tampak lebih mudah digunakan karena menawarkan lebih sedikit pengaturan dibandingkan dengan Stable Diffusion. Namun, yang terakhir menawarkan lebih banyak fitur lanjutan dan opsi penyesuaian.

Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang perbedaan antara Midjourney dan Stable Diffusion. Kami juga akan melakukan beberapa perbandingan gambar berdampingan dengan permintaan teks yang sama untuk melihat apakah ada yang bekerja lebih baik.

Midjourney vs Difusi Stabil: Apa Bedanya?

Etalase Komunitas MidJourney

Matt Horne / Otoritas Android

Jika Anda baru saja mendengar tentang Midjourney atau Stable Diffusion, itu karena mereka adalah beberapa generator gambar AI terbaru yang tersedia saat ini. Keduanya diluncurkan ke masyarakat umum pada pertengahan 2022 tetapi dengan tujuan yang sangat berbeda. Midjourney diluncurkan sebagai layanan nirlaba, sementara pengembang Stable Diffusion merilisnya di bawah lisensi sumber terbuka.

Sifat terbuka Stable Diffusion menjadikannya salah satu generator gambar yang paling dapat disesuaikan dan tersedia secara luas. Anda dapat menggunakan versi dasarnya secara online, baik secara gratis atau melalui langganan berbayar. Tetapi jika Anda ingin mengutak-atik dan mendapatkan hasil terbaik, Anda mungkin ingin menghasilkan gambar di komputer Anda sendiri. Perangkat lunak frontend seperti UI Web Difusi Stabil proyek sering mengemas banyak fitur canggih dan memungkinkan Anda untuk menggunakan model seni kustom. Sisi negatifnya adalah dibutuhkan waktu dan keterampilan teknis untuk menyiapkannya.

Midjourney lebih mudah digunakan, tetapi Stable Diffusion menawarkan banyak pilihan untuk pemula dan pengguna berpengalaman.

Midjourney, di sisi lain, tidak membutuhkan banyak usaha. Kami memiliki panduan khusus tentang cara menggunakan Midjourney, tetapi Anda cukup mengaksesnya melalui aplikasi obrolan Discord. Anda dapat menambahkan beberapa parameter ke perintah Anda, tetapi hanya itu yang dapat Anda lakukan dengan penyesuaian.

Bagaimana dengan kualitas gambar yang sebenarnya? Anda harus mendapatkan hasil yang cukup akurat dari kedua generator gambar AI. Konon, model V5 terbaru Midjourney menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang sangat cocok dengan permintaan teks. Jadi dalam aspek kemudahan penggunaan itu, ia memiliki sedikit keunggulan. Tetapi jika Anda bersedia melakukan upaya untuk men-tweak input dan menyesuaikan pengaturan, Stable Diffusion juga dapat menyamai atau bahkan melebihi hasil Midjourney.

Midjourney vs Difusi Stabil: Fitur

prompt contoh midjourney

Calvin Wankhede / Otoritas Android

Sekilas, Midjourney dan Stable Diffusion mungkin terlihat menawarkan set fitur yang sama. Namun, kedua pembuat gambar tersebut memiliki kekuatan dan kelemahan yang unik.

Ambil upscaling, misalnya, yang sebelumnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan Tombol U1, U2, U3, dan U4 di Midjourney. Itu tidak mungkin lagi karena model terbaru Midjourney belum mendukung model peningkatan apa pun. Sebaliknya, sifat terbuka Stable Diffusion berarti Anda dapat mengunduh beberapa model peningkatan yang berbeda untuk bereksperimen. Dan jika komputer Anda memiliki memori video yang cukup, Anda juga dapat menghasilkan gambar beresolusi lebih tinggi dari batas satu megapiksel Midjourney saat ini.

Berikut daftar singkat dari beberapa perbedaan fitur lainnya antara Midjourney dan Stable Diffusion:

  • Inpainting dan outpainting: Dengan Difusi Stabil, Anda dapat menggunakan inpainting untuk men-tweak bagian tertentu dari gambar yang ada. Demikian pula, outpainting memungkinkan Anda menghasilkan detail baru di luar batas gambar yang ada. Midjourney belum mendukung salah satu dari fitur pengeditan ini.
  • Permintaan gambar: Anda dapat mengunggah satu (atau dua gambar) sebagai bagian dari permintaan Anda di Midjourney. Bot akan menggabungkan gambar dengan teks Anda untuk menghasilkan keluaran yang secara visual mirip dengan masukan.
  • Gaya seni kustom: Midjourney menawarkan model yang dioptimalkan untuk anime yang dapat Anda gunakan dengan --niji parameter. Namun, Difusi Stabil memungkinkan Anda mengunduh model khusus yang dilatih pada berbagai gaya seni, dari realistis hingga origami.
  • Sensor: Meskipun model Difusi Stabil basis resmi tidak memungkinkan Anda menghasilkan gambar eksplisit, Anda dapat mengatasi batasan ini dengan model khusus. Ini tidak mungkin dengan Midjourney dan Anda bahkan dapat menemukan akun Anda diblokir jika permintaan Anda berisi bahasa yang eksplisit atau sugestif.

Perlu diingat bahwa Anda harus menggunakan Difusi Stabil pada perangkat keras Anda sendiri untuk mendapatkan sebagian besar manfaatnya. Alat online tidak menawarkan tingkat fleksibilitas yang sama, yang membuat Midjourney mampu seperti Stable Diffusion.

Midjourney vs Difusi Stabil: Penetapan Harga

MidJourney Kelola Halaman Langganan

Sebagai perusahaan nirlaba, tidak mengherankan jika Midjourney memberlakukan beberapa batasan pada seberapa sering Anda dapat menggunakannya. Bahkan dengan berbayar Langganan tengah jalan, Anda hanya mendapatkan jam pembuatan gambar gratis dalam jumlah terbatas setiap bulan. Paket $30 dan lebih tinggi memang menawarkan mode santai berjam-jam tanpa batas, tetapi itu berarti Anda harus menunggu beberapa menit untuk setiap tugas. Selain itu, tidak ada tingkat gratis atau uji coba apa pun.

Difusi Stabil bekerja dengan cara yang berlawanan. Kode sumbernya tersedia secara resmi untuk diunduh, yang berarti Anda dapat menggunakannya secara gratis. Namun, Anda memerlukan komputer yang kuat dengan kartu grafis khusus. Sebagian besar model menggunakan setidaknya 4GB VRAM, jadi PC gaming modern cocok untuk Anda. Tetapi jika Anda belum memilikinya, perangkat keras semacam itu dapat dengan mudah menghabiskan biaya lebih dari seribu dolar. Untungnya, Anda dapat menggunakan Stable Diffusion online atau bahkan di mesin virtual berbasis cloud seperti Google Colab jika Anda berjiwa petualang.

Anda dapat menggunakan Difusi Stabil secara gratis, tetapi akan membutuhkan usaha.

Perlu dicatat bahwa pencipta Stable Diffusion juga menawarkan aplikasi pembuatan gambar berbasis web bernama DreamStudio. Sangat mudah untuk memulai, seperti Midjourney, tetapi harus dibayar mahal. Tetap saja, ini sedikit lebih murah karena $10 memberi Anda 1.000 kredit. Anda juga dapat mencobanya secara gratis karena semua akun baru mendapatkan 25 kredit saat mendaftar.

Jika Anda mencari opsi gratis dan mudah digunakan, saya sarankan mempertimbangkan alternatif ketiga seperti Pembuat Gambar Bing alih-alih.

Midjourney vs Difusi Stabil: Yang mana yang akan digunakan?

tangkapan layar pembuat gambar dreamstudio ai

Calvin Wankhede / Otoritas Android

Mari kita lihat beberapa contoh dunia nyata untuk melihat generator gambar AI mana yang lebih unggul. Untuk perbandingan ini, saya akan menggunakan DreamStudio untuk menghasilkan gambar melalui Stable Diffusion karena mudah digunakan seperti Midjourney. Saya mungkin bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dengan model khusus, tetapi itu akan membutuhkan lebih banyak usaha. Jadi agar semuanya adil, mari bandingkan pengalaman satu klik menggunakan Midjourney dan Stable Diffusion.

Gambar pertama dibuat dengan prompt yang agak sederhana: “Star Wars Darth Vader, tapi jadikan itu cyberpunk”. Menurut saya, kedua pembuat gambar bekerja cukup baik dengan informasi terbatas yang diberikan, bahkan jika mereka menggunakan pendekatan yang sangat berbeda.

Prompt berikutnya dengan jelas menampilkan salah satu kekuatan terbesar Midjourney: realisme. Jika Anda ingin menghasilkan gambar yang terlihat seperti didasarkan pada kenyataan, Anda akan sering mendapatkan hasil yang lebih baik daripada kebanyakan pembuat gambar AI lainnya. Sementara Stable Diffusion cocok dengan semua yang ada di prompt, itu tidak sesuai dengan bit “fotorealistik”.

Untuk contoh terakhir kita, lihat bagaimana kedua pembuat gambar menangani permintaan fantasi. Permintaan teks meminta naga ular putih besar bertengger di atas batu sambil memandangi cakrawala. Sekali lagi, jelas bahwa Midjourney bisa menghasilkan detail yang lebih rumit. Namun, jika Anda melihat lebih dekat di bagian bawah gambar, Anda akan melihat serangkaian huruf kacau di mana Midjourney mencoba meniru tanda air yang dipelajarinya dari data pelatihannya.

Perlu diulangi bahwa pengguna tingkat lanjut dapat mengekstraksi gambar yang jauh lebih baik dari Stable Diffusion daripada contoh yang ditampilkan di sini. Namun, saat membandingkan dua opsi yang paling mudah digunakan, saya menemukan bahwa Midjourney sering kali memberikan hasil yang lebih baik untuk prompt input yang sama. Generator gambar AI mana yang Anda sukai?

Generator gambar AI mana yang Anda sukai?

334 suara

JANGAN LEWATKAN!
Dapatkan Penawaran Eksklusif 🤑

Berlangganan Tutor Tekno update terbaru, penawaran rahasia dan promosi.

Invalid email address

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buletin dua kali seminggu yang menampilkan berita peralatan, panduan cara kerja, dan rekomendasi tentang laptop, headphone, gadget rumah tangga, dan lainnya.
Dengan mendaftar, Anda menyetujui Perjanjian Pengguna kami (termasuk pengabaian gugatan kelompok dan ketentuan arbitrase), Kebijakan Privasi & Pernyataan Cookie kami, dan untuk menerima email terkait pemasaran dan akun dari TeknoTutor. Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.