HRV dengan Apple Watch dan iPhone: Cara melacak, menggunakan

HRV adalah metrik kesehatan berharga yang diukur oleh Apple Watch, namun, tidak ada integrasi asli di watchOS atau iOS untuk lebih memahami dan memanfaatkan data – menyerahkannya ke aplikasi pihak ketiga. Di bawah ini kami akan membahas apa itu HRV, mengapa penting, dan cara merekam serta menggunakan HRV dengan Apple Watch dan iPhone.

Apa itu HRV?

HRV adalah singkatan dari variabilitas detak jantung dan merupakan pengukuran bagaimana interval waktu antara detak jantung berubah. Anda tidak melihat perbedaan kecil ini tetapi perangkat menyukainya jam apel menangkap HRV, yang diukur dalam milidetik.

Beberapa ahli medis berpendapat mengukur HRV melalui kulit dengan jam tangan pintar tidak seakurat peralatan medis khusus. Tapi sudah ada studi yang menunjukkan Apple Watch sama andalnya dengan produk seperti itu Monitor detak jantung Polar untuk mengukur HRV.

Di akhir tahun 2022, kami melihat yang terbaru studi diterbitkan yang menunjukkan Apple Watch akurat dalam melacak HRV.

Mengapa HRV penting?

Meskipun mungkin terdengar seperti hal yang buruk pada awalnya, HRV yang lebih tinggi sebenarnya menunjukkan bahwa Anda lebih sehat, lebih bahagia, tidak terlalu stres, dan dapat berarti Anda sudah pulih dan siap untuk berolahraga.

Banyak profesional kesehatan dan kebugaran menganggap HRV sebagai salah satu metrik terbaik untuk mengetahui kapan tubuh Anda perlu istirahat atau siap untuk tampil serta memberi wawasan tentang kondisi sistem saraf otonom Anda.

Bersama HRV, Cardio Fitness – berdasarkan VO2 max – adalah metrik yang berharga untuk diperhatikan yang dapat menjadi indikasi dan prediksi kesehatan secara keseluruhan.

Begini caranya Klinik Cleveland menjelaskan HRV:

Variabilitas jantung Anda mencerminkan seberapa mudah tubuh Anda beradaptasi. Jika detak jantung Anda sangat bervariasi, ini biasanya merupakan bukti bahwa tubuh Anda dapat beradaptasi dengan berbagai macam perubahan. Orang dengan variabilitas detak jantung yang tinggi biasanya kurang stres dan lebih bahagia.

Di sisi lain, HRV rendah (saat istirahat) dapat menunjukkan bahwa tubuh Anda kurang adaptif/tangguh dan mungkin merupakan tanda masalah kesehatan atau potensi masalah kesehatan di masa depan.

Berapa nomor HRV yang bagus?

HRV adalah metrik yang sangat individual dan terus berubah. Ini juga tergantung pada berbagai faktor termasuk kesehatan fisik dan mental/stres, pola makan, nutrisi, penggunaan alkohol, kebiasaan tidur, usia, jenis kelamin, genetika, frekuensi/intensitas olahraga, dan banyak lagi.

HRV juga dapat banyak berubah dalam sehari, jadi jangan terpaku untuk melacaknya dari jam ke jam. Dengan mengingat hal itu, penting untuk tidak menggunakan HRV dengan membandingkannya dengan orang lain tetapi hanya melihat tren HRV Anda sendiri dari waktu ke waktu. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang nomor HRV Anda, hubungi dokter Anda.

Namun jika Anda penasaran dengan nomor HRV umum, Teriakan telah menerbitkan nilai tengah 50% HRV penggunanya berdasarkan usia:

Cara menggunakan HRV dengan Apple Watch - rata-rata angka HRV berdasarkan usia melalui Whoop

Cara menggunakan HRV dengan Apple Watch dan iPhone

Cara menemukan data HRV Apple Watch Anda

Untuk pengguna Apple Watch berusia 18 tahun ke atas, HRV direkam secara otomatis dengan Apple Watch (di sebagian besar negara). Namun, Anda harus membuka aplikasi Kesehatan di iPhone untuk melihat datanya.

  • Buka aplikasi kesehatan di iPhone
  • Ketuk Tab jelajah di pojok kanan bawah
  • Sekarang pilih Jantung > Variabilitas Detak Jantung
  • Di bagian atas, Anda dapat mengubah tampilan data HRV berdasarkan hari, minggu, bulan, setengah tahun, dan tahun
Cara merekam dan melihat HRV dengan Apple Watch dan iPhone

Cara memaksa merekam HRV dengan Apple Watch

Anda dapat memperoleh data yang lebih akurat dan berpotensi lebih berguna jika Anda melakukan pembacaan HRV secara manual dengan Apple Watch saat istirahat, dan pada waktu yang sama setiap hari.

  • Selain pembacaan otomatis, Anda dapat memaksa Apple Watch untuk merekam HRV Anda dengan membuka Aplikasi perhatian dan memilih Bernapas
  • Tak lama kemudian, Anda akan melihat data HRV baru muncul di aplikasi Kesehatan di iPhone

Dapatkan nilai lebih dari data HRV Anda

Poin pentingnya adalah Apple Watch dan aplikasi iOS Health tidak memberikan rekomendasi atau wawasan apa pun tentang data HRV Anda seperti Teriakan atau Oura.

Penting untuk mengetahui HRV yang sedang naik daun merupakan indikasi yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi bagaimana dengan wawasan yang lebih dapat ditindaklanjuti?

Saya telah menggunakan aplikasi Pelatihan Hari Ini dan terkesan dengan rekomendasinya. Setelah mengizinkannya membaca data HRV Anda dari aplikasi Kesehatan, aplikasi membandingkan HRV Anda saat ini dengan garis dasar Anda untuk membuat rekomendasi seperti meluangkan waktu untuk pemulihan, “tetap stabil tetapi dengarkan tubuh Anda”, atau “siap untuk kinerja puncak”.

Pelatihan Hari Ini menyebutnya skor kesiapan untuk melatih (RTT) dan bekerja pada skala 0-10 kode warna yang mudah digunakan. Saya telah menemukan rekomendasi sebagai dorongan yang sangat membantu untuk mendengarkan apa yang tubuh saya katakan kepada saya.

Aplikasi Apple Watch Training Today - gunakan HRV dengan Apple Watch dan iPhone

Pelatihan Hari ini adalah a unduh gratis dari App Store dengan pembelian dalam aplikasi untuk membuka kunci semua fitur aplikasi.

Aplikasi berbasis HRV yang lebih bagus untuk dilihat meliputi:

Dan jika Anda memiliki monitor detak jantung Bluetooth atau ANT yang kompatibel Kutub, Suuntoatau lainnya, HRV elit adalah aplikasi iOS lain yang memberikan pengalaman yang lebih mendetail dan dapat ditindaklanjuti.

Bagaimana meningkatkan HRV

Pelacak kesehatan pintar Whoop memiliki artikel yang bagus 10 cara untuk meningkatkan HRV Anda. Anda mungkin tidak akan menemukan banyak kejutan, tetapi daftar ini merupakan pengingat yang baik tentang area yang perlu ditinjau kembali/diprioritaskan:

  • Latihan
  • Diet dan nutrisi
  • Tidur yang konsisten
  • Tetap terhidrasi
  • Hindari alkohol
  • Pernafasan terfokus
  • Meditasi
  • Terapi dingin
  • Jurnal syukur

Baca lebih banyak tutorial dari 9to5Mac:

FTC: Kami menggunakan tautan afiliasi otomatis yang menghasilkan pendapatan. Lagi.

JANGAN LEWATKAN!
Dapatkan Penawaran Eksklusif 🤑

Berlangganan Tutor Tekno update terbaru, penawaran rahasia dan promosi.

Invalid email address

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *